Usaha Batu Bata: Desa Mengen punya

Batu batu adalah sesuatu yang terbuat dari tanah liat dan dibakar dalam suhu tertentu hingga menjadi warna kemerahan dan keras. Batu bata digunakan untuk membangun rumah biasanya sebagai pembuatan dinding rumah.

Batu bata dulu sangat diminati oleh banyak orang namun seiring perkembangan ilmu dan teknologi dimana terciptanya inovasi baru seperti batako, peminat batu bata mulai berkurang. Peminatan batu bata yang mulai berkurang tidak membuat pengusaha Desa Mengen menyerah, hingga sekarang pembuatan batu bata terus berlanjut dan berjalan tanpa kendala pemasaran.

Salah satu pengusah Desa Mengen yang tim KKN 211 datangi adalah usaha milik Bapak Marlia beralamat di dusun mengen krajan merupakan salah satu pengusaha sukses di bidang pembuatan batu bata. Dalam pembuatan batu bata sehari mampu menghasilkan 3000 batu bata.

Pak Marlia merintis usaha ini dari awal dengan bekerja sendiri tanpa adanya karyawan dimulai dengan membeli tanah sekitar 50 ribu hingga mampu menghasilkan 3000 bata perhari dan di juala dengan harga 900 rupiah per bata. Usaha yang terus berkembang dan maju hingga memilik 8 karyawan saat ini.

Pak Marlia adalah salah satu pengusaha yang mampu minginspirasi banyak orang di desa Mengen dan mampu membuka lowongan pekerjaan.

Dipublikasikan oleh KKN UNEJ Nomer 211 periode 2 2018 (https://unej.ac.id)

Post Author: mengen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *