Tasyakuran HUT RI Ke 73 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

http://unej.co.id

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 73, Kecamatan Tamanan mengadakan tasyakuran yang bertempat di Balai Kecamatan Tamanan. Tasyakuran ini sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menjaga keutuhan NKRI hingga 73 tahun dan dipanjatkan doa untuk keselamatan Indonesia kedepannya. Acara tersebut diselenggarakn pada Kamis 16 Agustus 2018. Acara dimulai pukul 19.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB.  Acara diikuti oleh semua Kepala Desa se Kecamatan Tamanan, perwakilan kepoilisian dan koramil Tamanan, perangkat desa , dan mahasiswa KKN Universitas Jember. Rangkaian acara terdiri dari sambutan camat, tausiah pemuka agama, doa , daan diakhiri dengan renungan kemerdekaan.

Tausiah dari pemuka agama berisi cerita mengenai sejarah berdirinya Tamanan. Renungan kemerdekaan kali ini terasa special dikarenakan mahasiswa KKN Uiversitas Jember mengambil peran didalam nya. Dengan konsep yang simple namun bisa memberikan kesan yang istimewa. Dimulai lantunan piano lagu gugur bunga diiringi suara nyanyian yang lirih, disusul dengan bacaan puisi yang penuh penghayatan, dan dari arah samping kanan kiri balai, mahasiswa KKN jalan perlahan sambil membawa lilin yang menyala diatara gelap nya sekitar.

Setelah semua rangkaian acara tersebut, diakhir acara para undangan menikmati nasi tumpeng yang telah disediakan. Semua elemen undangan menyatu berbaur menikmati hidangan tersebut. Tidak ketinggalan, ada juga sesi foto bersama masing-masing perangkat desa beserta mahasiswa KKN Universitas Jember.

Setelah acara tasyakuran tersebut, masih ada serangkaian acara lain nya, diantaranya renungan suci dan ziarah makam yang bertemat di Taman Makam Pahlawan Tamanan. Renungan Suci diselenggarakan pada pukul 00.00 WIB, diikuti oleh mahasiswa KKN Universitas Jember , adik adik pramuka dan perwakilan masing-masing desa. Peserta berkumpul terlebih dahulu di Koramil Tamanan. Berangkat jalan bersama ke TMP Tamanan. Pahlawan yang disemayamkan di TMP Tamanan terdiri dari 20 pasukan bersenjata dan 1 warga sipil.  Acara dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan dan berlangsung lancar serta khidmat. Ini suatu bentuk rasa penghormatan kepada para pahlawaan yang telah berjuang bahkan mengorbankan nyawa mereka demi kemerdekaan Indonesia.

 

 

 

 

Post Author: mengen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *