Penyuluhan Gizi Seimbang Untuk Balita

Pada tanggal 09 Agustus 2018, Mahasiswa KKN Universitas Jember telah melakukan kegiatan penyuluhan gizi seimbang balita di Posyandu Melati 04 Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan sejumlah makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal.
Masa balita merupakan masa yang sangat penting yang harus diperhatikan untuk menjaga agar anak dapat berkembang dengan baik, sehat, dan cerdas. Pemenuhan kebutuhan gizi bagi anak berpengaruh terhadap tingkat kesehatn serta kecerdasan dan bakat anak nantinya. Zat gizi yang tepat bagi anak dapat memenuhi tumbuh kembang anak yang paripurna yaitu sehat tubuhnya, sehat sosialnya dan sehat jiwanya. Oleh sebab itu kami dari KKN Universitas Jember melakukan kegiatan ini agar Desa Mengen dapat memberantas balita gizi buruk sejak dini.
Kegiatan penyuluhan ini di bantu oleh kader posyandu melati 04 dan didampingi petugas kesehatan yaitu perawat dan bidan yang bertugas di Desa Mengen. Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh ibu-ibu yang memiliki anak balita. Materi yang disampaikan yaitu “Gizi Seimbang Untuk Balita” dengan media leafleat. Para ibu-ibu sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan diakhri acara terdapat dorprize sehingga menambah minat bagi para peserta.

Post Author: mengen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *