Kegiatan Posyandu Desa Mengen

16 Juli 2018
Pos Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak- Pos Pelayanan Terpadu atau yang disebut dengan Posyandu merupakan salah satu kegiatan kesehatan di suatu desa yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat desa itu sendiri yang dibantu oleh petugas kesehatan Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan rutin desa yang dilakukan setiap satu bulan sekali contohnya kegiatan Posyandu di Ds. Mengen Kec. Tamanan Kab.Bondowoso.
Kegiatan Posyandu di Desa Mengen dilakukan setiap satu bulan sekali yang dibagi menjadi beberapa blok daerah yaitu Blok Mengen Utara, Blok Mengen Krajan Utara, Blok Mengen Krajan, Blok Mengen Selatan, Blok Mengen Barat, dan Blok Mengen Kampung Baru. Kegiatan Posyandu yang berlangsung di Blok daerah Mengen Selatan sudah memilliki fasilitas kegiatan Posyandu yang sudah terpisah dengan rumah warga, dan untuk Blok daerah lainnya masih menggunakan fasilitas rumah warga atau bersama dengan kegaiatan PAUD dan TK. Menurut Bu Fuji salah satu bidan yang bertugas di Desa Mengen mengatakan bahwa “Kegiatan Posyandu dilakukan disetiap blok daerah namun berbeda waktu pelaksanaanya, kegiatan dimulai dengan runtutan tanggal 3, 5, 8, 10, 14, 16 disetiap bulannya”
Kegiatan Posyandu di Desa Mengen dilakukan oleh Ibu Kader disetiap Blok Daerah dan di bantu oleh seorang perawat dan dua orang bidan. Kegiatan Posyandu ditujukan untuk wanita yang sedang dalam masa kehamilan dan anak usia Balita yaitu berumur 0-5 tahun. Pelayanan yang ditawarkan dalam Posyandu Balita Desa Mengen antara lain pemantauan berat badan dan tinggi badan, imunisasi dan pemberian nutrisi tambahan rutin setiap 6 bulan sekali. Sedangkan palayanan kesehatan Posyandu untuk ibu hamil antara lain pemantauan berat badan, lingkar lengan, pemantauan tumbuh kembang janin selama masa kehamilan dan senam ibu hamil. Kegiatan senam ibu hamil ini dibagi menjadi 2 kelas setiap tahunnya yaitu kelas A dan kelas B yang dipandu langsung oleh bidan. Prosentase kehadiran pada saat Posyandu pada kisaran 90%, hal ini menunjukkan adanya kesadaran kesehatan di Desa Mengen sudah baik.

Post Author: mengen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *